Terdaftar Peserta BPJS, Mahmud Irsyad Lubis Harus Bayar Biaya Rawat Inap 5 Hari

    Terdaftar Peserta BPJS, Mahmud Irsyad Lubis Harus Bayar Biaya Rawat Inap 5 Hari

    MEDAN - Mahmud Irsyad Lubis, SH tak menyangka bahwa dirinya yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan kelas 1, tiba - tiba ketika hendak pulang diberikan bill biaya pengobatan rawat inap selama di RSU Sundari selama 5 hari, terhitung mulai Minggu (27/3) hingga Kamis (31/3).

    Menurut Mahmud Irsyad Lubis, dikutip M24 bahwa dirinya yang mengalami penyakit diabetes, Minggu (27/3), terpaksa mendatangi RSU Sundari untuk menjalani operasi pemotongan jarinya.

    "Sebelum ini, saya telah 2 kali rawat inap dan operasi di RSU Sundari ini dengan umum, namun kedatangan saya Minggu kemarin (27/3), saya telah mengaktifkan kembali BPJS Kesehatan saya sebesar 8 jutan dan juga membayar dendanya sekitar 4 jutaan, makannya setelah itu saya bisa dilakukan operasi dengan menggunakan BPJS ini, " kata Mahmud Irsyad Lubis, SH yang juga Ketua Korp Alumni Advokat UMSU (KAUM) ini kepada awak media saat di RSU Sundari, Jumat (1/4) sekira pukul 10.00 Wib.

    Selanjutnya Mahmmud Irsyad Lubis langsung diinapkan di kamar kelas 1. Namun dalam beberapa jam di dalam kamar kelas 1 yang kecil itu, serta AC tak berfungsi, akhirnya Mahmud Irsyad Lubis meminta dirinya kepada pihak RSU Sundari agar dipindahkan ke kamar VIP dan tidak mempersoalkan mengenai selisih pembayaran dari kamar kelas 1 ke kamar VIP.

    Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    market.biz.id Honda Civic FD 2009 Ganteng Poll
    Rp 125.000.000
    Beli sekarang!

    "Saat itu istri saya yang sempat bertemu dengan pihak RSU Sundari berfikir bahwa perpindahan kamar hanya akan menambah biaya kekurangannya dari kamar kelas 1 ke VIP, dan pihak RS hanya menjabarkan itu saja, seakan ada sesuatu yang ditutupi, " ungkapnya.

    Kemudian Mahmud Irsyad Lubis, SH yang telah selesai menjalankan operasi, akhirnya Kamis (31/3) hendak pulang ke rumah, tapi tiba - tiba dirinya yang saat itu ditemani istrinya disodorkan tagihan sebesar RP 6, 9 jutaan, dengan alasan pihak RS sebagai biaya tambahan kamar dan biaya diagnosa dokter.

    Nasi Goreng Gila
    market.biz.id Nasi Goreng Gila
    20% Rp 2.500
    Beli sekarang!

    "Jumlah yang besar itu dengan bahasa biaya diagnosa dokter yang membuat saya keberatan, saya inikan di klaim BPJS Kesehatan, kenapa musti mengeluarkan biaya Diagnosa dokter dengan alasan saya pindah kamar ke VIP. Saat itu saya keberatan dan saya serta istri saya tak perduli untuk meminta pulang, dan saya saat itu menyampaikan besok pada Jumat (1/4) saya akan datang ke RSU Sundari ini lagi beserta pengacara - pengacara dari KAUM dan Wartawan. makanya hari ini saya datang beserta teman teman semuanya, tujuan saya akan membayar biaya tambahan perpindahan kamar saja, bukan untuk biaya diagnosa yang saya anggap hal itu telah diklaim oleh BPJS, buat apa saya urus lagi BPJS saya, serta membayar juga denda, jika saya juga harus dikenakan biaya lagi seperti diagnosa, " terangnya.

    Bambang Santoso, SH, MH, Sekretaris Umum KAUM dan juga ikut mendampingi Mahmud Irsyad ke RSU Sundari, Jumat (1/4) mengatakan bahwa tindakan pihak RSU Sundari diduga telah melakukan memanipulasi biaya tagihan, padahal pasien peserta BPJS Kesehatan.

    Neapolitan Pizza
    market.biz.id Neapolitan Pizza
    8% Rp 1.450
    Beli sekarang!

    "Seharusnya biaya diagnosa dokter itukan telah diklaim ke BPJS, kenapa pasien peserta BPJS lagi yang musti dikenakan biaya, jika akibat perpindahan kamar akan menjadikan pasien ke umum, mana peraturannya?.dan pihak RS seharusnya menjelaskan hal yang itu dengan detail kepada pasien dan keluarganya saat akan memalukan perpindahan kamar, jangan terkesan ada penjebakan, disaat pasien akan keluar, baru ditagih dengan biaya yang luar biasa besarnya, sampai Rp 6, 9 jutan, saya dan teman - teman dari KAUM beserta pasien yang kebetulan Ketua KAUM merasa keberatan dengan tagihan diagnosa dokter itu, kami akan pulang segera karena kondisi Mahmud Irsyad seharusnya dalam istirahat untuk pemulihan, tapi dihadapi dengan hal ini, kami tunggu tagihan dari RSU Sundari dan selanjutnya kami akan melakukan langkah hukum, " pungkasnya.

    Rini, bagian Administrasi RSU Sundari yang sempat dicerca pertanyaan oleh belasan pihak pengacara KAUM dan wartawan saat diruangannya, Jumat (1/4) berdalih bahwa perpindahan kamar dari Kelas 1 ke VIP, pasien akan dikenakan biaya diagnosa dokter dan tidak diklaim oleh BPJS.

    JOURNALIST.ID
    market.biz.id JOURNALIST.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    "Itu sudah peraturan RS dan BPJS, " dalihnya.

    Kemudian ketika wartwan dan pengacara KAUM dipertanyakan mengenai peraturannya, Rini tak bisa menjabarkan hal itu. 

    MEDAN SUMUT
    Alamsyah Putra

    Alamsyah Putra

    Artikel Sebelumnya

    Peringati HUT ke - 48, Pengurus DPD Golkar...

    Artikel Berikutnya

    Polres Binjai Tangkap Pelaku Cabul Anak...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 462

    Postingan Tahun ini: 1603

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 445

    Postingan Tahun ini: 2099

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 168

    Postingan Tahun ini: 549

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 142

    Postingan Tahun ini: 437

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Nanang suryana saputra verified

    Ada Apa Di Hutan Sirah Warangan Desa Bangunkarya Pangandaran
    Ini Salah Satu Yang Dilakukan Serda Andrianis Saat Komsos Dengan Warga Masyarakat
    Berbagai Kegiatan Sosial di Koramil Jampangkukon pada Sail and Touring Sekeseler Siliwangi di Wilayah Kodim Sukabumi
    Giat Kapolsek Cikakak di HUT Bhayangkara ke 76

    Rekomendasi

    Polsek Medan Area Tangani Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Menteng Vll
    Direktorat Binmas Polda Sumut Lakukan Penilaian Pos Kamling di Wilayah Hukum Polsek Medan Tuntungan
    Peringati HUT Bhayangkara Ke - 76, Polres Binjai Adakan Lomba Masak
    Tanaman Ditumbangi, Juriati Br Kaban Berharap Polrestabes Medan Bisa Tangkap Pelaku
    Kirab Taruna AAU Berlangsung Meriah di Malioboro

    Ikuti Kami